0 Comment

Sebagai dropship pemula niscaya akan mengalami kisah suka dan sedih dikala ada yang belanja di toko online milik kita. Untuk dikala ini , saya akan mengembangkan kisah pertama kali dikala produk online shop laris di bukalapak.
Bukalapak ialah marketplace yang pertama kali saya geluti sebagai dropship. Dengan menggunakan tool scraper marketplace odins , saya dapat upload massal dalam hitungan menit. Odins sangat membantu dropshipper marketplace. Tanpa promosi atau pasang iklan disana sini , order sudah dapat membanjiri toko online.
Kurang lebih 8 bulan yang kemudian saya membuka online shop di bukalapak. Produk yang saya jual ialah pakaian muslim dan muslimah. Oleh alasannya saya menggunakan odins maka dalam hitungan menit saya sudah dapat mengisi toko online di bukalapak dengan ratusan produk.
Jlebb , selang beberapa hari pecah telor. Setengah percaya setengah kagak , ada di notifikasi dari bukalapak kalau ada transaksi yang harus diselesaikan. Bingung juga harus bagaimana.
Yups , kebingungan ialah normal secara itulah pengalaman pertama laris di bukalapak. Namun , saya masih teringat apa yang disampaikan om Burhan dikala melatih siswa/siswi Smk Ramada. Dari toko yang kita scrape dari situ pula kita belanja dan kirim barang.
Setelah teringat dengan apa yang sudah diajarkan , kemudian saya memproses transaksi di bukalapak. Selesai proses , saya pun segera belanja di supplier yang saya scrape.
Proses belanja di supplier tidaklah sulit , cukup beli produk , isi nama dan alamat pengiriman. Tentu saja nama dan alamat pengiriman ialah nama pembeli dari online shop di bukalapak. Setelah selesai saya pun bergegas ke minimarket untuk pembayaran.
Setelah selesai pembayaran , tidak serta menciptakan hati bahagia alasannya harus menunggu diproses dan dikirim dari supplier. Yang menjadi deg-degan banget ialah apakah supplier itu terpercaya atau tidak. Saya lihat sudah dua hari dari semenjak diproses supplier ternyata produk belum dikirim juga sedangkan waktu input resi tinggal sehari lagi. Gunjreng , status produk sudah dikirim supplier dengan terbitnya nomor resi pengiriman.
Setelah nomor resi pengiriman terbit dari supplier berarti langkah selanjutnya input nomor resi di bukalapak. Alhamdulillah didetik batas tamat pengiriman dibukalapak dapat input resi juga. Namun , hambatan tidak hingga disitu , alasannya dana hasil penjualan di bukalapak masih tertahan hingga pembeli menyatakan selesai dan klik baiklah dana diteruskan ke penjual.
Sejujurnya , pas laris pertama kali di bukalapak tidaklah berorientasi pada keuntungan semata. Pembelajaranlah yang paling berharga dari proses transaksi di Bukalapak. Pada proses transaksi pertama kali dibukalapak tidak ada hambatan yang berarti namun pada proses transaksi penjualan kedua dan seterusnya bermunculan problem baru. Saya menganggap itu ialah proses berguru yang paling berharga dari proses dropship di bukalapak. Saya beruntung memiliki masalah-masalah yang berbeda alasannya problem itu justru menciptakan saya semakin mempelajari seluk beluk sebagai dropship di bukalapak.
Pada goresan pena berikutnya saya akan mencoba membahas seluk beluk problem yang sering muncul dalam proses sebagai dropship di marketplace. Semoga goresan pena ini bermanfaat. Silahkan share kalau dirasa bermanfaat sebagai sesama dropship di marketplace.

Post a Comment

Tambahkan Komentar Anda

 
Top